Jumat, 02 Desember 2011

"AKU BISA" For My Students


"AKU BISA"
PESAN BUAT ANAK-ANAKKU (Spensa Laki)


"Hai anakku " Kata Seorang Guru kepada muridnya yang duduk berhadapan
 dihamparan pasir pantai. "sepertinya sudah cukup engkau belajar dariku, saatnya
 engkau belajar dari dunia luar, lingkungan yang sebenarnya" papar sang  guru kemudian.
 "namun ada satu hal lagi yang harus engkau lakukan, sebagai bekalmu  nanti, dan pelajaran akhir dariku"
 "apa itu guru ?" tanya murid tersebut.
 "Carilah mutiara dilaut yang indah itu"
 "mencari mutiara di laut itu guru ?" tanya murid minta kepastian.
 "bukannya didasar laut itu gelap guru, bagaimana aku bisa tahu itu  mutiara ato bukan ?"
 "Dengan ilmu yang engkau miliki, engkau bisa menerangi dasar laut yang gelap tsb sehingga engkau bisa membedakan mana yang mutiara dan  bukan" jelas gurunya
 "kecuali kalo kamu sengaja mengambil yang bukan mutiara"
 "baiklah kalo bagitu guru"
 "untuk itu aku akan memberimu sesuatu buatmu, yang pertama adalah
 kuberi kau sebuah kantung dimana dengan kantung ini kau bisa menyimpan  mutiara yang engkau dapatkan sebanyak-banyaknya, semakin banyak kau dapatkan maka kau akan semakin kuat sehingga bisa untuk mencari mutiara ditempat lain, jangan kau masukkan mutiara yang cacat ato selain mutiara, karena hal itu akan melemahkanmu dan akan membuatmu  berat, mengerti kau"
 "mengerti guru, trus apa lagi guru"
 "satu lagi yaitu kuberi engkau sebuah kotak, yang dengan kotak ini  engkau dapat menyimpan mutiara maksimal sebanyak empat. Namun tidak sembarangan mutiara yang engkau masukkan, Masukkanlah mutiara yang menurutmu paling bagus, paling indah, paling bersinar, bisa menyenangkanmu, semakin cepat engkau memasukkan mutiara yang menurutmu paling indah tersebut dalam kotak ini, maka kekuatanmu akan berlipat
 ganda, lebih dari kantung mutiara tadi, tapi ingat jika engkau memasukkan mutiara kedalam kotak itu lebih dari satu sedang engkau tidak bisa menahan kekuatannya, maka engkau yang akan mendapat kerugian, kotak tersebut akan pecah, mutiara tersebut akan hilang dan kekuatanmu akan melemah, engkau harus pandai-pandai dan bijaksana
 mengambil keputusan, serta aku sangat tidak menyukai engkau mengambil lagi mutiara yang telah engkau masukkan dalam kotak tersebut kecuali jika memang mutiara yang engkau masukkan justru akan mengurangi kekuatanmu dan ingat, waktumu sampai matahari terbenam diufuk barat." jelas guru tersebut pada muridnya.
 "baiklah guru, akan kuingat pesanmu" jawab muridnya sambil menerima 2 barang dari gurunya.
 ***
 Tidak lama kemudian turunlah murid tersebut kedalam lautan. Dengan ilmunya, dia sanggup berada didalam laut, dan mampu melihat dasar laut yang gelap gulita. Kemudian diapun sibuk mencari mutiara diantara batu-batu kerikil, banyak mutiara yang ditemukan, ada kemilau, bersinar, dan sebagainya.
"lumayan juga, banyak mutiara yang telah kudapatkan, tenagakupun terasa lebih kuat, aku akan pergi ketempat lain lagi, barangkali disana kutemukan mutiara yang cocok untuk kotak ini" pikir murid tersebut sambil memasukkan mutiara-mutiara yang ditemuinya kedalam kantung.
 Ditempat lain, hal samapun dilakukan, sambil mencari mutiara yang cocok untuk dimasukkan dalam kotak, sampai suatu ketika ditemuinya sebuah mutiara yang cukup membuat hatinya tertarik, sebuah mutiara putih bersih kemilauan dengan sinarnya yang terang menerangi hati. akhirnya diambil mutiara tersebut dan dimasukkan kedalam kotak. Benar kata gurunya, mutiara tersebut memberi kekuatan yang berlipat ganda,  tapi masih ada waktu lagi untuk mencari, maka pergilah dia ketempat lain untuk mengumpulkan mutiara-mutiara yang lain. Namun ditempat lain tersebut ditemuinya lagi sebuah mutiara yang lebih indah dari mutiara yang dimasukkan kotak tersebut. Muncul kebimbangan hati dalam diri murid tersebut.
 "Guruku berpesan, jika aku tidak kuat, maka jangan memasukkan mutiara ini kedalam kotak yang sudah terisi, akan berbahaya bagiku, guruku juga melarangku untuk mengeluarkan mutiara dalam kotak ini apalagi mutiara tsb telah memberiku kekuatan, tapi mutiara ini teramat indah, lebih indah dari sebelumnya"
 cukup lama juga murid tersebut dalam kebimbangan, akhirnya diputuskan untuk memasukkan mutiara terindah itu kedalam kantung saja, kemudian dia melanjutkan lagi perjalanannya mencari mutiara karena waktunya masih ada.
 Ditempat lain dia juga mengalami hal serupa, dia menemukan mutiara yang lebih indah lagi, tapi dengan ketetapan hatinya, dia tetap mempertahankan mutiara dalam kotak tersebut. dan meletakkan mutiara terindah itu kedalam kantung, hingga batas waktunya telah tiba, dan dia harus kembali pada sang guru.
 ***
 Ditemuilah gurunya dengan membawa hasil yang diperolehnya, "Guru, aku sudah menyelesaikan tugas ini guru, aku sudah berhasil membawa mutiara dalam kantung ini dan dalam kotak ini"
"Bagus kalo begitu, ketahuilah wahai anakku, aku akan memberitahumu sesuatu dibalik hal tersebut, Ketauhilah bahwa kantung yang kuberikan itu ibarat tempat untuk menampung teman/sahabat, maka carilah sahabat yang baik buatmu carilah sahabat yang menjadi mutiara bagimu yang mempu memberimu kebaikan, semakin banyak engkau memiliki sahabat, maka akan banyak sahabat lagi yang akan kau dapatkan dikemudian hari, seakan-akan tempat itu bisa menampung tak terbatas banyaknya, semakin banyak akan semakin baik, tetapi jika engkau memiliki sahabat yang buruk yang bukan mutiara bagimu, maka hal itu akan memberatkanmu dan akan merugikanmu."
 "lalu apa maksud dari kotak ini guru?"
 "Kotak ini memiliki maksud dengan pasangan hidup atau istri, nanti dalam hidupmu, engkau hanya diperkenankan memiliki istri maksimal empat, carilah istri yang engkau anggap paling indah, paling engkau suka menurut pandanganmu karena hal itu akan memberimu kekuatan, kebahagian kesenangan, mungkin juga setelah engkau memiliki istri, suatu saat engkau akan menemukan lagi orang yang lebih indah menurut pandanganmu, jika engkau memang sanggup dan dapat berlaku adil dan bijaksan, maka hal itu baik juga bagimu, tetapi jika engkau tidak kuat, dan tidak dapat berlaku adil pada mereka maka engkau juga yang akan menderita, dan terbebani, juga akan membuat mutiara tersebut tidak bisa memberimu kekuatan, justru memberatkanmu, Jika engkau
mengeluarkan mutiara atau engkau menceraikan istrimu padahal dia telah memberikan kebaikan bagimu, sesungguhnya hal itu sangat tidak disukai, dan engkau telah dzalim kepadanya. kecuali jika memang istrimu bukan mutiara, tidak memberikan kebaikan bagimu, melainkan memberatkanmu maka menceraikannya adalah hal yang baik bagimu. Karenanya engkau harus pandai-pandai dalam mengambil keputusan, engkau harus bisa
memilih mutiara diantara batu-batu dan memilih mutiara terbaik bagimu serta engkau harus bijaksana jika engkau suatu saat menemukan orang yang lebih baik dari istrimu, menemukan mutiara yang lebih baik dari yang ada, apakah engkau mengerti wahai anakku"
"insya Allah mengerti guru"
"nanti jika engkau telah berada diluar, gunakanlah ilmumu, gunakanlah al-islam sebagi penerang bagimu, dalam menentukan mana yang baik dan yang buruk, insya Allah engkau akan mendapatkan hasil akhir yang baik jika engkau berpegang padanya"
"baik guru, insya Allah saya akan mengingat pesan-pesan guru, jika nanti saya berada di dunia luar, doakan saya agar saya sanggup berpegang teguh dengan al-islam"
 
 

Hamster